Tumbuh Optimal Serta Meraih Sukses Bagian 3

generasimaju.com – Nah, agar daya tahan tubuh anak kuat, ada beberapa nutrisi yang penting diperhatikan, yaitu:

  • Inulin (FOS) Inulin adalah salah satu jenis karbohidrat yang mengandung serat dan tergolong sebagai prebiotik. Seperti prebiotik lainnya, inulin tidak dapat dicerna dan diserap dalam usus halus, sehingga saat sampai di usus besar, inulin berfungsi sebagai ”makanan” bagi bakteri yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dan menjaga keseimbangan mikro­ ora (bakteri baik) dalam usus besar.

Selain itu, inulin juga memperbaiki penyerapan pada usus halus dan usus besar serta menurunkan keasamannya, sehingga meningkatkan konsentrasi mineral dalam tubuh serta meningkatkan penyerapan kalsium dan memperbaiki kepadatan mineral dalam tulang. Dengan demikian daya tahan tubuh akan meningkat. Bahan makanan yang kaya akan inulin antara lain bawang, bawang putih, pisang, dan asparagus.

  • Zinc (Zn) Zinc (seng) merupakan zat gizi esensial yang termasuk dalam kelompok mikromineral (diperlukan dalam jumlah yang sangat sedikit). Namun perannya dalam pertahanan tubuh sangatlah besar. Bahan makanan yang kaya akan zinc, antara lain: tiram (tertinggi), kerang, lobster, ikan dan daging kepiting, daging merah dan unggas, biji-bijian, kacang-kacangan dan produk olahannya (tempe, tahu), susu dan produk olahannya (yoghurt, keju).
  • Selenium (Se) Selenium adalah mineral yang bermanfaat sebagai antioksidan yang fungsinya memperlambat oksidasi asam lemak tak jenuh, sehingga dapat meredam bahaya radikal bebas yang disebabkan sinar matahari dan asap rokok. Selenium berguna pula untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Bahan makanan yang menjadi sumber selenium adalah tiram, semangka, bawang putih, brokoli, bayam, dan lain-lain.

PENGLIHATAN

Di masa kanak-kanak, hampir sebagian besar informasi diperoleh melalui indra penglihatan. Anak mengenal dunia sekitarnya melalui kedua matanya. Semakin banyak yang dilihat oleh anak, semakin kuat hubungan antarsel saraf di otak. Hal ini karena sel retina pada mata dengan sel di otak sama-sama berasal dari sel neuroektodermal (lapisan terluar saraf). Dengan demikian, bila kondisi penglihatannya bagus/baik, maka informasi yang masuk ke otak juga maksimal, yang berarti pula akan mengoptimalkan kecerdasan anak. Untuk itu, pemberian asupan nutrisi yang tepat pada mata akan mengoptimalkan daya penglihatan anak.

Author: