Tumbuh Optimal Serta Meraih Sukses Bagian 2

sat-jakarta.com – Kekurangan salah satu dari vitamin B kompleks dapat menyebabkan ketidakseimbangan. Kekurangan vitamin B juga dapat menyebabkan penurunan produksi energi, ditandai dengan lesu dan mudah lelah. Jadi, tubuh harus mendapatkan vitamin B setiap hari dalam jumlah cukup. Sayangnya, tubuh tidak dapat menyimpan dan memproduksi sendiri vitamin B yang tergolong esensial ini, sehingga harus diperoleh dari asupan sehari-hari.

Beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin B, antara lain: beras merah, singkong, kacang hijau, pisang, bayam, kacang mete, jamur, pepaya, buncis, avokad, sereal, kentang, tomat, dan biji-bijian, daging, ikan, telur, dan susu. Sebagian besar vitamin B bersifat larut dalam air, karenanya kelebihan mengonsumsi vitamin B akan dikeluarkan melalui urine.

PEMBENTUKAN TULANG

Proses pembentukan tulang dimulai sejak kanak-kanak hingga remaja, namun lebih banyak terjadi di masa kanak-kanak. Nutrisi tertentu berguna untuk pembentukan tulang, seperti:

  • Kalsium Berperan dalam pembentukan tulang untuk pertumbuhan tinggi badan serta mempertahankan kepadatan tulang dan gigi. Kalsium akan terserap dengan baik bila ada vitamin D. Bahan makanan sumber kalsium, antara lain: ikan teri, bayam, kubis, kacang hijau, asparagus, tofu, yoghurt, keju, jeruk, dan susu.
  • Vitamin D Vitamin D menolong penyerapan dan penyimpanan kalsium oleh tubuh, sehingga membantu membentuk dan memelihara tulang yang kuat. Salah satu sumber vitamin D adalah sinar matahari. Waktu yang disarankan untuk berjemur adalah pukul 06.00—09.00 selama 10 menit. Pilihan lain untuk sumber vitamin D adalah minyak ikan, daging ikan salmon, ikan tuna, dan susu.
  • Vitamin P Vitamin P atau Proanthocyanidins dalam tubuh manusia bertindak sebagai antioksidan (penangkal radikal bebas) yang sekaligus bermanfaat untuk pembentukan tulang. Proanthocyanidins dapat ditemukan dalam banyak tanaman, terutama apel, kulit kayu pinus, kayu manis, kakao, biji anggur, cranberry , kismis hitam, teh hijau, dan teh hitam.

DAYA TAHAN TUBUH

Bila daya tahan tubuh jelek/ lemah, anak mudah sakit, hal ini tentu akan mengganggu tumbuh kembangnya. Jadi, penting sekali bagi Ibu untuk menjaga daya tahan tubuh anak agar tetap dalam kondisi prima. Apalagi, di usia 6 tahun pertama, sistem imunitasnya belum sempurna. Tidak heran, jika anak usia 6 tahun ke bawah amat rentan terhadap serangan penyakit.

Author: