7 Langkah Membuat Minuman Hangat “Wedang Uwuh” Ala Cafe!

7 Langkah Membuat Minuman Hangat “Wedang Uwuh” Ala Cafe!
7 Langkah Membuat Minuman Hangat “Wedang Uwuh” Ala Cafe!

Jika Anda mendengar mengenai minuman hangat tradisional, mungkin Anda akan cenderung berpikir bahwa minuman tersebut untuk orang tua. Meskipun tidak dapat disalahkan, namun Anda sebaiknya menyimak artikel ini lebih lanjut, bahwasannya minuman hangat tidak hanya di minum oleh orang tua saja. Minuman hangat dapat di konsumsi untuk semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai minuman hangat tradisional, coba Anda sebutkan minuman hangat tradisional apa saja yang Anda ketahui?

Berbagai macam minuman hangat seperti wedang jahe, wedang ronde, wedang secang, wedang uwuh, bandrek dan bir pletok menjadi beberapa diantaranya. Meskipun menggunakan nama tradisional atau terdengar kuno, namun Anda justru menemukan nama-nama tersebut dalam buku menu beberapa cafe disekitar Anda. Seperti yang Anda ketahui, bahwa harga minuman yang disajikan oleh cafe tidak main-main. Dengan menambahkan beberapa kombinasi bahan, minuman tradisional tesebut di olah menjadi resep minuman hangat tradisional ala cafe. Diantara beberapa nama minuman diatas, wedang uwuh menjadi salah satu minuman hangat tradisional paling populer. Sebelum Anda bertanya tanya mengenai apa itu wedang uwuh, berikut penjelasannya secara singkat.

Apa itu wedang uwuh?

Wedang uwuh merupakan minuman tradisional yang berasal dari daerah Imogiri, Yogyakarta. Uwuh dalam Bahasa Jawa memiliki arti sampah, disebut demikian karena bahan dasar dari minuman tradisional ini adalah dedaunan. Oleh masyarakat sekitar dedaunan sering kali dianggap sebagai sampah. Sehingga dapat diartikan wedang uwuh atau sampah.

Apa saja resep yang dibutuhkan untuk membuat wedang uwuh?

Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat wedang uwuh diantaranya daun pala, kayu secang, jahe, cengkeh, kayu manis dan juga gula batu. Warna merah yang khas dari wedang uwuh berasal dari kayu secang yang diseduh dengan air panas, sehingga menghasilkan perpaduan warna yang unik antara dedaunan dengan kayu secang. Nah, setelah mengetahu bahan-bahan yang digunakan, berikut langkah pembuatan resep minuman hangat tradisional ala cafe, wedang uwuh.

Bagaimana cara membuat wedang uwuh?

Pertama, seduh air hingga mendidih. Kedua, sembari menunggu air mendidih pilih bahan daun uwuh yang masih terlihat bagus dan bersih. Ketiga, masukkan satu ruas jari jahe yang telah di geprak atau dipipihkan. Keempat, masukkan  tiga lembar daun pala, tiga lembar daun cengkeh, dan lima helai kayu secang. Kelima, tuangkan air panas yang telah selesai di seduh kedalam gelas saji, kemudian aduk hingga berwarna merah. Keenam, untuk menahan rasa pedas jahe, Anda dapat menambahkan gula batu kedalam seduhan wedang uwuh. Ketujuh, masukkan satu ruas kayu manis kedalam gelas saji dan aduk perlahan hingga aroma kayu manis menyatu dengan wedang uwuh. Wedang uwuh siap untuk dinikmati deh.

Setelah membahas bahan dan resep minuman hangat tradisional ala cafe, wedang uwuh. Tentunya tidak afdol jika tidak membahas mengenai manfaat untuk kesehatan apabila di konsumsi. Manfaat dari wedang uwuh yang menjadi primadona yaitu mampu mengobati perut kembung, mengobati sakit kepala, mengobati sakit gigi dan mengatasi berat badan berlebihan. Sedangkan manfaat lainnya yaitu mampu menurunkan kolesterol, mencegahmasalah perut, mengobati capek, mengobati nyeri, serta melancarkan sirkulasi darah. Untuk Anda yang mengalami kurang enak badan, Anda dapat mengkonsumsi wedang uwuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menyegarkan badan dan menghangatkan badan. Kerena terbuat dari rempah-rempah herbal, sehingga minuman ini dapat dikonsumsi mulai dari usia anak-anak hingga dewasa. Anda tertarik mencobanya?

Author: