3 Resep Minuman Hangat Tradisional Khas Jawa Barat Yang Hits Abis! Mau Tau?

3 Resep Minuman Hangat Tradisional Khas Jawa Barat Yang Hits Abis! Mau Tau?
3 Resep Minuman Hangat Tradisional Khas Jawa Barat Yang Hits Abis! Mau Tau?

Bandung, merupakan ibukota dari provinsi Jawa barat yang dikenal dengan sebutan paris van java. Paris van java merupakan sebutan pada zaman kolonil Belanda yang ditujukan kepada kota Bandung. Hal ini memiliki arti bahwa “Bandung adalah parisnya dari pulau Jawa”. Pada saat itu Bandung terkenal sebagai pusat belanja dan menjadi tempat memajang pakaian model terbaru dari Paris, sehingga Bandung dikenal sebagai acuan trand fashion di Indonesia khususnya pulau jawa. Jika Anda berkunjung ke Bandung, tentu saja Anda banyak menemukan kuliner-kuliner khas Bandung salah satunya adalah kuliner minuman. Coba Anda sebutkan minuman khas Bandung apa saja yang sudah pernah Anda coba?

Bandrek, bajigur, dan  bir kotjok merupakan tiga minuman hangat tradisional khas Provinsi Jawa Barat. Ditengah-tengah udara Bandung yang sejuk, ketiga minuman ini menjadi andalan masyarakat Sunda loh. Karena ketiga minuman tersebut mampu menghangatkan badan, bahkan jika Anda menyadari minuman ini dapat Anda temukan di Cafe sekitar. Saat ini bukan hanya warga Jawa Barat saja yang suka dengan minuman tradisional ini. Melainkan para wisatawan negara dan mancanegara juga turut mencoba minuman hangat tradisional tersebut. Nah, untuk Anda yang ingin mencoba ketiga minuman tersebut agaknya tidak perlu khawatir. Berikut resep minuman hangat tradisional ala cafe yang ada di Bandung Jawa Barat.

Bandrek

Minuman khas Sunda yang satu ini terbuat dari berbagai bahan rempah-rempah seperti jahe merah, gula merah, kayu manis, cengkeh, sereh, daun pandan, garam dan air. Sebagai pelengkapnya Anda dapat menambahkan daging kelapa dan susu kental manis. Untuk membuatnya cukup mudah kok, masukkan jahe, gula jawa, cengkeh, sereh, daun pandan dan air. Kemudian seduh selama 10 menit dengan api kecil, perlahan-lahan tuangkan garam dan aduk hingga semua tercampur. Setelah mendidih, matikan api dan saring seduhan semua bahan tersebut kedalam gelas saji. Untuk toppingnya Anda dapat menambahkan serutan daging kelapa dan susu kental manis diatasnya. Biasanya minuman hangat tradisional ala cafe ini di bandrol seharga Rp. 7.000 hingga Rp. 20.000,-

Bajigur

Masih seputar minuman khas Jawa Barat, selanjutnya ada Bajigur. Kurang lebih bahan yang digunakan hampir sama dengan minuman Bandrek. Diantaranya ada jahe, kayu manis, gula merah, garam, daun pandan, gula pasir, santan, kopi bubuk dan juga kolang-kaling. Pertama, seduh santan, gula merah, garam, daun pandan, dan gula pasir dengan api sedang. Kedua, Anda dapat mencampurkan jahe kedalam seduhan bahan-bahan pada point pertama, jahe sebelumnya dikupas lalu cuci hingga bersih kemudian di bakar. Ketiga, tambahkan kayu manis, kopi bubuk, irisan kolang-kaling dan garam. Keempat, setelah mendidih kecilkan api dan tunggu hingga kopi mengendap. Kelima, setelah kopi mengendap tuangkan kedalam gelas saji. Bajigur siap menghangatkan tubuh Anda. Jika Anda ingin membelinya, cukup dengan merogoh kocek antara Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000.

Bir kotjok

Mungkin untuk minuman ketiga ini Anda akan berpikir ulang untuk menikmatinya. Jangan salah, meskipun menggunakan nama Bir kenyatannya minuman ini tidak sama sekali mengandung alkohol. Hal ini hanya sebagai penamaan saja kok. Resep minuman hangat tradisional ala cafe ini diantaranya air, secang, kapulaga, jahe, kayu manis dan gula merah. Untuk membuatnya, rebus air, secang, secang, kapulaga, jahe dan kayu manis hingga harum. Untuk menunggu hingga harus, disarankan Anda merebus dengan api yang kecil. Jika sudah tercium bau harum, matikan api dan tunggu hingga dingin. Setelah itu tuangkan kedalam botol kaca dan kocok hingga menghasilkan busa. Meskipun minuman ini berbusa, minuman ini aman kok guys.

Nah, ketiga minuman diatas merupakan minuman tradisional khas Jawa Barat  yang keberadaannya masih tetap eksis hingga saat ini. Dan tidak banyak pula cafe di sekitaran Bandung yang menyajikan minuman ini pada buku menu nya. Jadi, tertarikkah Anda mencoba minuman tradisional khas Jawa Barat ini?

Author: